Senin, 15 Juni 2015

Jangan Buang Obat Sembarangan


https://scontent-sin1-1.xx.fbcdn.net/hphotos-xpa1/v/t1.0-9/s720x720/11168019_362195440656891_8570761099335213248_n.jpg?oh=6f06ac3d3ff9e398391d87e0123431e8&oe=56345146
Malam ini, saya akan membagi ilmu swamedika dari https://www.facebook.com/swamedikasi , mari kita simak bersama-sama.

Umumnya di setiap rumah pasti memiliki dan menyimpan obat-obatan, baik yang sedang dikonsumsi atau yang disimpan sebagai stok . Namun adakalanya obat yang kita miliki tersimpan cukup lama di kotak obat. Untuk itulah kita juga harus memeriksa kondisi obat-obatan yang disimpan, dan membuang obat yang sudah kadaluwarsa, atau sudah tidak layak pakai, atau yang sudah tidak terpakai lagi.

Banyak dijumpai masyarakat membuang obat dengan cara langsung memasukkannya ke dalam tempat sampah. Bahkan dengan kondisi kemasan obat yang utuh dan masih sangat rapi.
Apakah membuang obat dengan cara ini adalah benar? Bagaimanakah cara membuang obat dengan benar?

Berikut adalah tips cara membuang obat yang benar :

Hilangkan semua informasi yang ada pada obat yang akan dibuang dan keluarkan obat dari bungkusnya. Hal ini berfungsi untuk melindungi identitas dan privasi mengenai keadaan kesehatan kita. Selain itu, juga berguna untuk menghindari obat dijual kembali oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab setelah obat dikumpulkan oleh pemulung.

Obat dalam bentuk tablet atau kapsul:
• obat dikeluarkan terlebih dahulu dari kemasannya;
• campurkan obat dengan bahan yang cenderung tidak akan dikonsumsi seperti pasir atau tanah;
• taruh dalam plastik tertutup. Ini dimaksudkan agar obat tidak akan dikonsumsi lagi meskipun mungkin ditemukan orang lain atau pemulung. Obat kemudian dapat dibuang di tempat sampah.

Obat dalam bentuk cair, misalnya sirup:
• biarkan obat tetap dalam kemasannya, ini untuk memudahkan mengidentifikasi kandungannya jika secara sengaja terminum;
• Campurkan sisa obat dengan bahan lain yang cenderung tidak akan dikonsumsi seperti pasir dan tanah;
• tutup kembali kemasan
• taruh dalam kantong plastik gelap agar tidak terlihat sebagai obat, dan buang di tempat sampah dengan menempatkannya pada bagian yang agak dalam agar tidak mudah ditemukan.

0 komentar :

Posting Komentar

luvne.com resepkuekeringku.com desainrumahnya.com yayasanbabysitterku.com